Sang pengembara ilmu

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter

jenis-jenis jaringan komputer

Author Unknown - -
Home » » jenis-jenis jaringan komputer



Ada beberapa jenis-jenis jaringan komputer
1. Jaringan komputer berdasarkan Fungsinya
2. Jaringan komputer berdasarkan Jangkauan
3. Jaringan komputer Berdasarkan Media transmisi
   -Jaringan berkabel ( Wired Network)
   -Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
4. Jaringan Internet 
Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya
1. Client - Server
Terdiri atas server yang biasanya menggunakan sistem windows 2000  server.
dan merupakan jaringan komputer yang dikhususkan sebagai client dan server, layanan ini bisa diberikan
 oleh 1 atau lebih komputer.
2. Peer-to-Peer
Merupakan jaringan komputer yang setiap host nya dapat menjadi sebuah server atau menjadi client secara bersamaan. dan setiap komputer dapat membuat account user dan berbagai sumber.contohnya windows 98,windows NT workstation dan windows 2000 profesional.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan
klasifikasi jaringan komputer berdasarkan skala antara lain :
  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitant Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Broadband Global Area Network (BGAN)
1. Personal Area Network (PAN) Pada saat kita saling menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA, keyboard, mouse , headset wireless, camera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat (4-6 meter) maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network. Hal yang paling penting bahwa dalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut. Selain dihubungkn langsung ke komputer lewat port USB atau FireWire, PAN juga sering dibentuk dengan teknology wireless seperti bluetooth, Infrared atau WIFI. 
2.Campus Area Network (CAN) Sebuah jaringan kampus, jaringan kampus daerah, jaringan area perusahaan atau bisa adalah sebuah jaringan komputer terdiri dari interkoneksi jaringan area lokal
Dalam jenis jaringan, teknologi yang sama bersama dengan perangkat keras yang digunakan dalam bangunan yang berbeda dari satu kampus atau satu perusahaan. Mereka mengikuti terminologi yang sama seperti jaringan area lokal tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka saling berhubungan antara beberapa bangunan di lokasi tertentu. Bayangkan sebuah kampus universitas di mana Anda memiliki beberapa departemen seperti teknologi informasi, elektronik, komunikasi massa dan halus dll seni dan dalam semua departemen laboratorium komputer, mereka telah menerapkan struktur infra-sama dari perangkat keras dan teknologi lain yang menggunakan jaringan area lokal sebagai alat utama, dan satu pesan yang dikirim oleh satu departemen dapat diakses oleh departemen lain, maka kita mengatakan bahwa jaringan adalah sebagai berikut teknik jaringan Kampus Daerah (CAN).
Sama halnya dengan perusahaan atau organisasi yang memiliki departemen yang berbeda dalam satu lokasi dan ini departemen dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan media komunikasi CAN (Campus Area Network). Dalam Area Networking Kampus (CAN) sistem jenis yang sama berarti perangkat keras yang router, switch, hub, kabel dan titik sambungan nirkabel yang sama bahkan di beberapa bangunan. Kita dapat mengatakan bahwa semua sumber daya jaringan tesis dimiliki oleh organisasi yang sama. Jika kita berbicara tentang perusahaan koneksi internet, kita melihat bahwa salah satu universitas menggunakan koneksi yang sama untuk semua departemen nya. Dalam BISA (Kampus Area Network), seperti koneksi internet, satu perusahaan telah berurusan dengan seluruh organisasi.

3. LAN ( Local Area Network)

Description: local-area-network

Inilah jaringan komputer yang sangat populer. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah.

 Local Area Network sering kita jumpai diperkantoran, kampus, maupun warnet. Jaringan ini dapat menghubungkan lebih dari 2 komputer di ruangan jarak dekat (terbatas) hingga beberapa KM saja. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lainnya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Description: metropolitan-area-network
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.

 Sesuai dengan namanya maka jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi.    Wilayah yang dapat menjadi cakupannya berkisar hingga 50 KM. MAN ini merupakan rangkaian LAN yang berukuran dan berjarak lebih besar.

5. WAN (Wide Area Network)

Description: wide area network
jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.

Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding MAN yaitu dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router.

 6. Broadband Global Area Network (BGAN)

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEgzTROH207E-qosj-c6dJgm-2kJlvMtx9q1T6hj7mo__I9iIt0gzai4iS6S89CI6Iiln3C0rbC_PjFSsXHz0RP1prulEZU311AqkCqtUgQYZ-69k1DWs1oDPGGIw2XjtOwdVAlxvZWPqzohlgqURLMG33qpOQ6uweMBJTQ_F1pduwMEkRs9eMD_nxk=
   Broadband global Area Network (BGAN) adalah Jaringan Internet satelit global dengan telepon menggunakan terminal portabel. Terminal biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer laptop ke Internet broadband di lokasi terpencil, meskipun selama line-of-sight untuk satelit ada, terminal dapat digunakan di mana saja. Nilai terminal BGAN adalah bahwa tidak seperti layanan Internet satelit lain yang memerlukan piring satelit besar dan berat untuk menghubungkan, terminal BGAN adalah tentang ukuran laptop dan dengan demikian dapat dilakukan dengan mudah. Jaringan ini disediakan oleh Inmarsat dan menggunakan tiga satelit geostasioner disebut I-4 untuk menyediakan cakupan hampir global.
Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi
1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier
untuk penjelasannya silahkan klik tautan Macam-macam topologi jaringan

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWzFSosq_0RaR7GH5tLqbRjPUeiH78mMQC6kbPYvjCXtL886TXwzUN-9D1Nh3QZ1kXUaMKRAEKuwaRgjsO9kHmFk3EbD_0Fb9NboQR2iQxQetn4Pq0Sg3gIVVJecJnso4Db_AUKKjO80w/s1600/jaringan.jpg

1. Jaringan berkabel ( Wired Network)
Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Jaringan ini tidak menggunakan media kabel sebagai alat pengbungnya, tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya.
. Internet 
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet

bila ingin melihat sejarah terciptanya jaringan komputer silahkan klik >>DISINI<< 
 sekian dan terimakasih SEMOGA BERMANFAAT.. . . . . . .




One Response so far.

  1. aguezt says:

    mantapp tema nya gan

    gw boleh minta code cssnya gak